Memilih Lokasi Apotek

(Oleh : Arif Budianto, S.Si., Apt.)

Lokasi merupakan syarat penting dalam setiap bisnis. Begitu pentingnya sebuah lokasi, sehingga beberapa orang memperebutkan sebuah area strategis untuk membangun bisnis Apotek mereka. Lokasi yang strategis merupakan daya ungkit dalam percepatan bisnis. Lokasi yang tepat dapat mempercepat pertumbuhan dan perkembangan bisnis. Lokasi yang baik, dapat memudahkan layanan yang prima bagi pelanggan.

Pelajaran penting, sebelum kita berbicara tentang pemilihan lokasi dan itu artinya kita berbicara tentang sebuah investasi yang tidak sedikit, saya ingin menekankan kembali inti pelayanan kefarmasian dan daya saing bisnis apotek. Di manapun lokasi bisnis Anda, pelayanan dan daya saing bisnis harus tetap Anda prioritaskan. Value bisnis Apotek harus terdefinisi dengan baik sebelum pekerjaan apapun.

Bagaimana lokasi yang paling baik bagi bisnis apotek?

Kini, mari kita urai beberapa prinsip pemilihan lokasi strategis bagi bisnis apotek Anda. Silakan siapkan sejumlah uang karena investasi lokasi apotek bisa mencapai 90% dari total investasi usaha apotek Anda.

Keramaian / Traffic :

  • Persimpangan jalan

Anda yang mengedepankan funneling system, akan mencari pusat keramaian sehingga akan banyak orang atau konsumen potensial yang melihat keberadaan Apotek Anda atau melihat penawaran Anda yang eye-catching. Persimpangan lampu merah, saat kendaraan berhenti atau pejalan kaki menyeberang, akan meningkatkan intensitas orang atau calon konsumen melihat apotek Anda.

Dari 1000 orang yang lewat, setidaknya 100 orang akan datang untuk mencoba pelayanan apotek Anda, dan sekurang-kurangnya 10 orang akan melakukan transaksi. Hal penting yang perlu diperhatikan untuk area lokasi ini adalah tempat parkir yang memadai serta penawaran yang sensasional dan mudah terlihat.

  • Area pertokoan

Anda bisa memilih kompleks pertokoan sehingga apotek Anda mendapat daya ungkit dari jumlah konsumen toko lain. Karena umumnya, konsumen tersebut juga membutuhkan produk apotek Anda disamping produk toko yang sudah biasa mereka kunjungi. Bila Anda memiliki brand apotek yang baik (franchise, misalnya), Anda bisa melakukan negosiasi kepada developer kompleks ruko berupa diskon khusus untuk investasi apotek karena kemampuan brand Anda menjadi anchor dan daya tarik ruko tersebut, dengan harapan bahwa keberadaan apotek Anda, maka nilai investasi ruko tersebut semakin besar, lebih menguntungkan dan memberi tambahan daya saing bagi si marketing developer.

  • Pasar / Modern Market
  • Pusat pelayanan kesehatan lain
  • Lokasi lainnya, secara prinsip, lokasi kita harus mendekati pelanggan. Misal di perumahan.

Bangunan yang baik :

  • Ada IMB
  • Aman
  • Layak lingkungan (SPPLH, HO, Higienis, dan sebagainya)

Mendukung pelayanan :

  • Tempat parkir
  • Ruang tunggu & area pelayanan
  • Dapat dikembangkan (praktik dokter, terapi alternatif, dan sebagainya)

Faktor X : Cerita yang lain

Ada beberapa bisnis Apotek yang lokasinya kurang strategis namun tetap eksis dan menghasilkan jutaan keuntungan bagi pemiliknya. Branding yang unik, harga yang murah, pelayanan yang khas, dan berbagai keunggulan daya saing sebuah bisnis, dapat mengalahkan bisnis serupa yang lokasinya lebih strategis. Sehingga meskipun ada di pelosok kampung, bisnis berdaya saing tersebut tetap diburu pelanggan setianya.

Soal lokasi, bagi seorang pebisnis di era teknologi informasi tidak sama dengan 2 contoh bisnis offline sebelumnya. Toko online tidak berpikir tentang lokasi fisik yang strategis. Mereka fokus bagaimana mendatangkan pembeli ke gerai online mereka dengan berbagai penawaran menarik. Toko online itu memiliki keunggulan daya saing yang mengalihkan alokasi anggaran dari nilai investasi lokasi startegis kepada nilai etalase online system & beaya pelayanan yang lebih memanjakan konsumennya.

Hasilnya, toko online tersebut lebih banyak diserbu pelanggan dibandingkan toko konvensional sejenis karena stok lebih lengkap, harga lebih murah, aneka diskon, layanan ongkir gratis dan pelayanan oleh Customer Service yang “terlihat” (dalam dunia maya) lebih ramah. Dewasa ini, apotek yang melayani delivery order by online smart-application juga semakin banyak.

Nah, Apakah apotek Anda siap bersaing dengan mereka?

Apotek berdekatan : Sebuah catatan etika kesejawatan

Pemetaan Apotek yang disahkan oleh Dinas Kesehatan menjamin persaingan yang sehat dan mengupayakan adanya pemerataan akses fasilitas pelayanan kefarmasian di daerah tersebut. Semangat ini yang dikedepankan saat ada perebutan lokasi atau keinginan membuat apotek dengan lokasi yang berdekatan. Musyawarah perlu dilakukan, disertai data-data realisasi pasar dan potensial market share yang belum digarap oleh Apotek sebelumnya. Boleh atau tidaknya, diserahkan kepada setiap pribadi, sesuai kode etik Apoteker untuk memperlakukan teman sejawat sebagaimana dirinya ingin diperlakukan. Organisasi profesi hanya menjadi mediator dan memberikan sumbang saran. Keputusan boleh tidaknya Apotek berdekatan, akhirnya tetap ada di Dinas Kesehatan.

Kami pribadi percaya bahwa rezeki tidak akan pernah tertukar dan orang yang curang, dialah yang akan binasa. Dan atas pertimbangan keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia, kami lebih mendukung pemerataan akses layanan kefarmasian di setiap desa/kelurahan.

Semoga tulisan ini bermanfaat,Kritik dan saran, dapat dikirim ke Arif Budianto (081329625655)